Deretan Film Yang Alami Kerugian Besar Di Tahun 2020 – Ini merupakan tahun yang sulit bagi semua sektor ekonomi, salah satunya adalah industri hiburan. Karena pandemi COVID-19, banyak konser dan bioskop yang dibatalkan atau ditutup.

Meski begitu, banyak studio terus menayangkan film secara online di berbagai platform. Sayangnya, pilihan tersebut tidak memberikan manfaat yang diharapkan.

Lantas apa sajakah film yang merugi di tahun 2020 ?

1. Underwater

Underwater
Source : timeout

Underwater adalah film horor aksi sci-fi Amerika 2020 yang disutradarai oleh William Eubank, skenario Brian Duffield dan Adam Cozad serta cerita Duffield. Film ini diproduksi oleh Chernin Entertainment dan di produksi oleh Kristen Stewart, Vincent Cassel, Jessica Henwick, John Gallagher Jr. Diproduksi oleh John Gallagher, Mamoudou Athie dan TJ. Miller.

Di bawah air mengikuti sekelompok pekerja di fasilitas pengeboran kapal selam.Setelah gempa bumi menghancurkan fasilitas tersebut, mereka bertemu makhluk bermusuhan. Itu dirilis di Amerika Serikat oleh Twentieth Century Fox pada 10 Januari 2020.

Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus, dengan box office global sebesar 41 juta dolar AS dan anggaran produksi 50-80 juta dolar AS. Perlu dicatat bahwa ini adalah film terakhir yang dirilis dengan merek 20th Century Fox, karena pemilik baru, Walt Disney, mengubah nama perusahaan menjadi 20th Century Studios seminggu setelah dirilis.

Menurut laporan “Business Insider”, biaya produksi film yang diproduksi oleh sebuah studio film abad ke-20 ini mencapai US $ 80 juta. Pada saat yang sama, mereka hanya menghasilkan pendapatan domestik 17 juta dolar AS dan pendapatan global 40,5 juta dolar AS.

Baca Juga : 6 Momen Dunia Perfilman Yang Viral Di Tahun 2020

Selama pelayaran bawah laut pada awal 10 Januari tahun ini, virus Corona belum menjadi pandemi seperti saat ini. Film tersebut juga mendapat review buruk di berbagai website seperti Rotten Tomatoes.

Sinopsi Film Underwater

Kepler 822 (Kepler 822) adalah fasilitas penelitian dan pengeboran yang dioperasikan oleh Tian Industries yang terletak di dasar Palung Mariana dan dilanda gempa bumi yang kuat. Karena fasilitas tersebut hancur akibat gempa bumi, insinyur mesin Norah Price dan rekan-rekannya Rodrigo dan Paul pergi ke tempat pelarian. Namun, ketiganya menemukan bahwa semua kapsul pelarian telah dikerahkan.Ketika ketiganya tiba, Kapten Lucien adalah satu-satunya yang ada di daerah itu.

Mereka tiba di sebuah pangkalan kendali bersama dan menemukan ahli biologi Emily Haversham dan insinyur Liam Smith, dan mereka gagal melakukan kontak dengan permukaan. Lucien menyarankan menggunakan pakaian bertekanan untuk menyeberangi dasar laut sejauh satu mil ke Roebuck 641, dengan harapan muncul kembali dari sana. Saat mereka turun di lift barang, helm Rodrigo yang rusak meledak di bawah tekanan air. Kru yang selamat melihat suar marabahaya dari kapsul pelarian di bawah, dan Smith dan Paul pergi untuk menyelidikinya.

Sesampainya di lokasi, mereka menemukan mayat di reruntuhan. Sesosok makhluk muncul dari belakang mayat dan menyerang. Smith membunuh makhluk itu dan membawanya ke makhluk itu. Haversham memeriksa makhluk itu dan menyadari bahwa itu milik spesies yang sebelumnya belum ditemukan.

Kelimanya memasuki dasar laut, tetapi saat mereka berjalan, Kepler meledak di atasnya, hampir mengubur mereka di puing-puing. Smith tertembak, tapi Price dan Lucian menyelamatkannya. Mereka berhasil memasuki stasiun perantara melalui lorong, di mana mereka dapat mengisi ulang tenaga dan mencuci pakaian mereka. Namun, mereka menemukan bahwa pembersih oksigen Smith telah rusak parah oleh puing-puing. Paul diserang oleh makhluk tak dikenal di tengah jalan dan diseret ke bawah air untuk membunuh.

Sebelum tim meninggalkan lorong, mereka menemukan bahwa tangki oksigen Smith yang rusak akan menyebabkan dia mati lemas dan mati karena asap beracun ledakan. Price, Lucien, dan Haversham tidak ingin meninggalkan anggota kru lainnya dan setuju untuk membantu Smith berjalan. Keempatnya berangkat di dasar laut, tetapi humanoid muncul dan menyeret Smith ke dalam gua. Lucien berhasil mengeluarkan Smith, tetapi dia sendiri tersingkir oleh tiga lainnya. Harga setara dengan Lucien, tetapi Lucien mengorbankan dirinya untuk melindungi Price dari perbedaan tekanan yang meningkat.

Pada akhirnya, harganya hanya di stasiun Shepard yang telah ditinggalkan. Dia mengobrak-abrik loker Lucien dan menemukan bintang berujung lima yang tergambar di cetak biru tua dari lokasi pengeboran aslinya. Harga bisa mengganti wetsuit yang rusak sebelum melanjutkan melamar Roebuck. Dia berjalan di sepanjang dasar laut, bersatu kembali dengan Haversham dan Smith, dan terus membantu menyeret Smith. Ketika mereka memasuki Roebuck, mereka akan menemukan sarang makhluk humanoid yang tergantung di langit-langit dan mencoba untuk menyelinap pergi, tetapi suara alarm oksigen Haversham membangunkan makhluk ini.

Harganya sebagian ditelan oleh salah satu makhluk itu, tetapi mampu membunuhnya dan melepaskan diri dengan menembakkan pistol obor di tubuhnya. Kemudian, dia melepaskan tembakan kedua ke kejauhan dan melihat bahwa makhluk ini berasal dari makhluk Titanic purba Cthulhu. Tiga berhasil mencapai polong pelarian, tetapi Price menemukan bahwa hanya dua polong yang berfungsi. Price dan Haversham berhasil memasukkan Smith (Smith) yang sakit ke dalam pod, dan Price meyakinkan Haversham untuk memilih yang terakhir.

Ketika ini terjadi, Cthulhu muncul dan menyerang rusa jantan, sedangkan makhluk yang lebih kecil mengikuti dua polong pelarian. Price menerima takdirnya dan memicu kelebihan muatan inti nuklir Rothbuck, menyebabkan ledakan besar, membunuhnya, Cthulhu dan makhluk-makhluk ini, dan membiarkan kapsul pelarian mencapai permukaan. Tian Industries menolak untuk berpartisipasi dalam penyelidikan insiden tersebut dan berencana untuk memperluas pekerjaan pengeborannya.

2. The Rhythm Section

The Rhythm Section
Source : deviantart

The Rhythm Section adalah thriller aksi tahun 2020 yang disutradarai oleh Reed Morano, dan Mark Burnell diadaptasi dari novelnya yang berjudul sama. Grup ritme memiliki Blake Lively (Blake Lively), Jude Law (Jude Law) dan Sterling K. Brown (Sterling K. Brown) sebagai protagonis, dan mengikuti seorang wanita putus asa yang menemukan kecelakaan pesawat yang menewaskan anggota keluarganya adalah balas dendam setelah serangan teroris.

The Rhythm Group dirilis di Amerika Serikat oleh Paramount Pictures pada 31 Januari 2020. Itu menerima komentar beragam dan tidak konsisten dari kritik, yang umumnya memuji kinerja Lively, tetapi itu penting untuk plot. Film ini adalah bom box office, akhir pekan terburuk dalam sejarah, dan film dengan penurunan terbesar di bioskop, Paramount diperkirakan akan merugi 30-40 juta dolar AS. Ini adalah film terakhir yang dirilis oleh Global Road Entertainment.

Kalaupun diharapkan film ini akan menjadi salah satu standar wanita dalam film aksi mata-mata wanita atau “James Bond”. Sayangnya, sutradara Reed Morano (Reed Morano) gagal memenuhi ekspektasi tersebut.

Sinopsis Film The Rhythm Section

Tiga tahun setelah keluarganya tewas dalam kecelakaan pesawat, Stephanie Patrick (Stephanie Patrick) menjadi pecandu narkoba di London. Reporter Keith Proctor menghubunginya, dan dia yakin bahwa kecelakaan pesawat itu adalah serangan teroris yang ditutup-tutupi oleh pemerintah. Stephanie meninggalkan rumah bordil, mulai tinggal bersama Proctor, dan mempelajari penelitiannya tentang kecelakaan. Stephanie membeli senjata dan menemukan Reza, tetapi tidak sanggup menembaknya. Beberapa jam kemudian, dia kembali ke apartemen Proctor dan menemukan bahwa dia dibunuh.

Melalui catatan Proctor, dia menemukan bahwa sumber informasi rahasianya adalah “B”, yang merupakan agen MI6 yang tidak banyak diketahui Iain Boyd. Dia pergi ke Skotlandia dan menemukan Boyd terisolasi dari dunia. Setelah dia menjelaskan bahwa dia tidak akan rugi dan ingin balas dendam, dia dengan enggan setuju untuk melatihnya untuk memburu Reza. Boyd menjelaskan bahwa Riza dipekerjakan oleh seorang teroris yang hanya dikenal sebagai U-17, yang menembak jatuh pesawat tersebut dan membunuh reformis Muslim liberal Abdul Kaif (Abdul Kaif); ayah Kaif, Suleman mendanai penyelidikan Proctor atas kecelakaan itu. Stephanie berlatih selama beberapa bulan dan mengasumsikan identitas Petra Reuter sebagai pembunuh bayarannya dibunuh oleh Boyd, tetapi tubuhnya tidak pernah ditemukan.

Sebagai Petra, Boyd mengirimnya ke Madrid untuk mencari Marc Serra, mantan agen CIA yang berubah menjadi broker informasi, dan dia mungkin akan membawanya ke U-17. Stephanie meminta Suleiman untuk mendanai misinya; dia menolak, tetapi ibu Cave, Aria, memberinya uang. Stephanie melakukan serangkaian pembunuhan terhadap para konspirator dalam serangan teroris yang membunuh keluarganya.

Sierra akhirnya mengungkapkan bahwa U-17 adalah Reza. Dia melacaknya dan membunuhnya dalam ledakan bom busnya sendiri. Stephanie kembali ke Sierra, dan kemudian membunuhnya dengan jarum suntik di rumah, karena dia menyadari sejak awal bahwa Sierra selalu U-17, dan dia telah menggunakannya untuk membunuh semua kontak yang diketahui dengannya.

Dua minggu kemudian, Boyd menghadapi Stephanie (Stephanie) di London, mengungkapkan bahwa jika dia dapat menemukan dan menghilangkan “Petra” yang baru saja dibatalkan, dia akan diizinkan kembali ke MI6. Peringatan itu menghilang, Stephanie pergi, dan akhirnya menemukan kedamaian.

3. Mulan

Mulan
Source : empirecinemas

Mulan adalah film drama aksi Amerika 2020 yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures. Ini adalah adaptasi live-action dari film animasi Disney tahun 1998 dengan judul yang sama, didasarkan pada cerita rakyat Tiongkok “Balada Mulan”. Film ini dibintangi oleh Liu Yifei, dengan Donnie Yen, Donnie Yen, Li Zongsheng, Ernst & Young, Yuan Yuanyuan, Li Gong dan Jet Li sebagai pemeran pendukung.

Film ini disutradarai oleh Niki Caro, Rick Jaffa, Amanda Silver, Lauren Hynek dan Elizabeth Martin) Berperan sebagai penulis skenario. Pembuatan ulang live-action direncanakan dimulai pada tahun 2010, tetapi proyek tersebut telah dihentikan di “neraka pembangunan” selama sebagian besar dekade terakhir. Syuting berlangsung di Selandia Baru dan Cina dari Agustus hingga November 2018.

Pemutaran perdana Hollywood Mulan akan digelar pada 9 Maret 2020. Awalnya dijadwalkan untuk dirilis di bioskop akhir bulan itu, tetapi ditunda berkali-kali karena pandemi COVID-19 dan akhirnya dibatalkan di Amerika Serikat. Sebaliknya, Disney menayangkan perdana film tersebut di negara / wilayah tempat Disney + meluncurkan layanan pada 4 September 2020, dan mengenakan biaya tertentu.

Meskipun Disney telah mengeluarkan bujet yang sangat besar yaitu $ 200 juta untuk memaksimalkan film ini. Padahal, film “Mulan” hanya meraup $ 66,8 juta. Dan di minggu pertama, mereka berhasil mendapatkan $ 23 juta, menjadi salah satu film dengan bayaran tertinggi di minggu pertama. Ternyata jumlah ini tidak bertambah seperti yang diharapkan.

Film ini ditayangkan di teater tradisional di negara-negara yang tidak memiliki Disney + (teater telah dibuka kembali). Karena distribusi bioskop terbatas karena pandemi COVID-19, total box office film itu hanya $ 70 juta, belum termasuk pendapatan digital Disney +. Film ini umumnya dipuji oleh kritikus Barat, yang memuji urutan aksi, efek visual, dan pertunjukan, tetapi mengkritik naskahnya. Itu dievaluasi secara tidak baik oleh para kritikus dan pendengar Tiongkok, yang mengkritik perkembangan kepribadian dan ketidakakuratan budaya dan sejarahnya.

Sinopsis Film Mulan

Selama Kekaisaran Cina, Hua Mulan adalah seorang gadis yang suka berpetualang dan aktif. Orang tuanya Zhou dan Li kecewa. Mereka berharap suatu hari bisa menikah dengan suami yang baik. Sebagai seorang wanita muda, Hua Mulan telah diatur untuk bertemu dengan seorang mak comblang untuk membuktikan kesehatannya sebagai calon istri. Mulan cemas dan mencoba menuangkan teh di depan mak comblang, tetapi seekor laba-laba menakut-nakuti pertunjukan saudara perempuan mak comblang, secara tidak sengaja menyebabkan kerusakan dan menghancurkan teko, menyebabkan mak comblang itu memanggilnya dengan malu di depan keluarganya.

Di utara, di bawah kepemimpinan Böri Khan, pejuang Rorran menyerbu pos terdepan kekaisaran. Peri penyihir membantu mereka, mendandani kekuatan sihirnya sebagai prajurit yang masih hidup, dan melaporkan serangan itu kepada kaisar Tiongkok. Dia kemudian mengeluarkan perintah wajib militer yang memerintahkan setiap keluarga untuk mengirim satu orang untuk melawan Khan.

Tentara kekaisaran tiba di desa Mulan untuk merekrut tentara baru. Karena dia tidak memiliki anak laki-laki, Zhou terpaksa berjanji untuk melayaninya. Karena kakinya yang buruk, dia langsung jatuh di depan tentara. Menyadari bahwa ayahnya tidak memiliki kesempatan untuk bertahan hidup, Hua Mulan meninggalkan rumahnya dengan baju besi, kuda, dan pedang. Mulan tiba di kamp pelatihan, yang bertanggung jawab atas Komandan Dong, Kamerad Zhou. Bersama dengan lusinan rekrutan tidak berpengalaman lainnya, dia akhirnya menjadi tentara yang terlatih, di bawah pengawasannya, tanpa mengungkapkan identitas aslinya.

Tentara Khan terus maju, memaksa Dong untuk mengakhiri pelatihan secepat mungkin dan mengirimkan batalion untuk bertempur. Hua Mulan mengejar beberapa pasukan sendirian, tetapi menghadapi peri, yang terakhir menertawakannya dengan berpura-pura menjadi seorang laki-laki. Dia mencoba membunuh Mulan, tetapi serangannya dihentikan oleh kulit dada Mulan yang digunakan untuk menyembunyikan identitasnya. Hua Mulan melepas penyamaran laki-laki, seperti orang Lulan mulai menyerang rekan senegaranya dengan trebuchet, dan kembali berperang. Hua Mulan menggunakan helm yang ditinggalkan dan keterampilan memanahnya untuk memanipulasi ketapel untuk menembak di pegunungan yang tertutup salju, menyebabkan longsoran salju dan menewaskan orang-orang Lulan.

Hua Mulan kembali ke kamp dan menyelamatkan tentara Chen Honghui yang dia temui di kamp. Tidak dapat menyembunyikan jenis kelamin aslinya lagi, dia dikeluarkan dari ketentaraan dan mulai pulang. Dalam perjalanan, dia bertemu dengan Peri Niang, yang menunjukkan bahwa dia juga dihindari oleh rakyatnya dan berjuang untuk Böri Khan (Böri Khan) hanya karena dia melihatnya sederajat dan tidak ada orang lain yang melakukannya. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa penyerangan di pos terdepan telah mengalihkan perhatian orang, karena rencana sebenarnya Khan adalah menangkap dan mengeksekusi kaisar untuk membunuh ayahnya. Beresiko dieksekusi, Hua Mulan kembali ke kampnya untuk memperingatkan mereka bahwa mereka akan ditangkap. Para prajurit yang telah berteman dengannya membela dia, Tung Chee-hwa memutuskan untuk mempercayainya dan mengizinkannya untuk memimpin sebuah unit ke istana kaisar.

Peri menggunakan sihirnya untuk menunjukkan citra seorang menteri kekaisaran dan membujuk kaisar untuk menerima tantangan tempur tunggal Böri Khan sambil membubarkan penjaga kota. Penjaga itu dibunuh, dan orang-orang Lulan bersiap untuk membakar kaisar hidup-hidup. Pasukan Hua Mulan mengalihkan perhatian orang Lulan, dan Hua Mulan pergi untuk menyelamatkan kaisar.

Khan mencoba membunuhnya dengan panah, tetapi Xianniang merasa simpati pada Hua Mulan, kehilangan minat pada Khan, berubah menjadi elang, dan mengorbankan dirinya dengan mencegat panah tersebut. Mulan membunuh Khan, tetapi tidak membunuhnya sebelum dia melucuti senjata Khan dan menghancurkan pedang ayahnya. Dia membebaskan kaisar, dan kaisar menawarkan untuk mengizinkannya bergabung dengan pengawal pribadinya. Dia menolak tawaran itu dan kembali ke desanya.

Hua Mulan berkumpul kembali dengan keluarganya. Di bawah komando Kepala Dong, utusan kaisar datang dan memberi Mulan pedang baru, dan pada saat yang sama secara pribadi memintanya untuk bergabung dengan pengawal kaisar.